Kompetensi Guru Pendamping Muda
Kompetensi
|
Sub Kompetensi
|
A.Memahami dasar
-dasar
pengasuhan
( Pengetahuan )
|
1.memahami peran pengasuhan terhadap pertumbuhan dan
perkembangan anak
2.memahamimpola makan dan kebutuhan gizi masing masing
anak
3.memahami layanan dasar kebersihan anak danlingkungan
4.memahami layanan dasar kesehatan anak dan diri
sendiri
5.memahami layanan dasar perlindungan
6.memahami tugas dan kewenangan dalam membantu guru dan
guru pendamping
|
B.Terampil
melaksanakan
pengasuhan
( Ketrampilan
)
|
1.terampil dalam pemberian minum dan makan anak
2.terampil dalam melakukan perawatn kebersihan diri dan
anak
3.terampil bermain dan berkomenikasi secara verbal dan
non verbal dgn anak
4.terampil mengenali dan mengatasi ketidaknyamanan anak
5.terampil merawat kebersihan lingkungan fasilitas
bermain anak
6.terampil dalam melindungi anak
7.terampil berkomenikas efektif dan empatik dengananak
8.terampil bernyanyi dan mendongeng
|
C.Bersikap dan
berprilaku
sesuai dengan kebutuhan
psikologi anak
( Sikab )
|
1.menyangi anak secara tulus
2.berprilaku sabar,tenang,ceria,penuh perhatian,serta
melindungi anak
3.memiliki kepekaan dan responsif dalam menyikapi
perilaku anak
4.menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa
,arif,dan bertanggung jawab
5.berpenampilan sederhana,rapi, bersih,dan sehat
6.berprilkau santun,menghargai, dan hormat kepada orang
tua anak
|
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia
Ttd
Mohammad Nuh
lampiran II Permendikbud No 137 tahun 2014
Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar