PENGURUS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI( PAUD ) - GBKP
Sekretariat
:JL .Kapt Pala Bangun No.66 Telp 20466 Kabanjahe 22115
|
1 : Penaruh :
PAUD adalah pendidikan anak usia
dini,pelayanan kepada anak yang berumur
antara 1 s/d 6 thn
PAUD memiliki 3 (tiga ) jalur yakni :
A,Jalur Formal :
paud yang
diselenggarakan oleh lembaga pemerintah atau swasta dengan mengikuti aturan yang telah
ditetapkan
oleh Pemerintah ( Kementerian Pendidikan Nasional) Baik jadwal,kurikulum,pakaian dls.
B.Jalur Non
Formal:
PAUD yang
diselenggarakan oleh pendidikan luar sekolah dengan aturan pelaksanaan
ditentutukan bersama oleh penyelenggara dengan stakeholder.
C.jalur informal
:diselenggarakan oleh anggota masyarakat baik secara pribadi maupun secara
klompok.
Ø Bagi
GBKP penyelenggaran PAUD yang dilaksanakan secara formal dilayani oleh TK-GBKP,
Sedangkan PAUD non formal diselenggarakan oleh
KA-KR sejak tahun 2007, tetapi setelah
sidang sinode
Tahun 2010
Moderamen memisahnya dengan membentuk TIM/Pengurus PAUD Moderamen.
Paud Non formal
GBKP termasuk dalam kategori SPS (Satuan Paud Sejenis) yang berarti
pelaksanannya
terpadu dengan
Kebaktian Anak dan kebaktian Remaja ( KA KR).Bahan pengajarannya/kurikulum
bahan yang sesuai
dengan kebaktian minggu (Pedoman KA KR) khusus bahan Balita yang dimodifikasi
untuk satu (1) sampai empat (4) kali pertemuan perminggu.
ll.Latar belakang
Menurut hasil penelitian para ahli , bahwa
pembentukan karakter seseorang berada
Pada masa usia Balita
(umur 0-5 tahun , Golden Age),dimana perkembangan
otak manusia terbentuk sebaanyak 50 %
Hal ini dapat
terjadi melalui rangsangan jaringan otak (sinap-sinap) baik otak kiri (
berpikir rasional)
maupun otak kanan
(emosional,acak dan seni ).Selama ini kurang diperhatikan oleh pendidikan
formal
maupun non formal (termasuk gereja).
Pada tahun
2007,Direktorat PAUD diknas Pusat di Jakarta mengikut sertakan KA KR GBKP
sebagai
Mitra penggerak
PAUD yang teritegrasi dengan pelayanan anak (keagamaan) di Provinsi SUMUT.
Setelah sidang Sinode GBKP ke-34 di RC Sukamakmur
,11 sd 18 April 2010 dibentuklah Tim PAUD GBKP
beradasarkan
Keputusan Moderamen GBKP No. 0974 /VIII-C / 2010,dan selanjutnya Tim inilah
selanjutnya melayani PAUD SPS
GBKP.
Diskusi
tentang Perkembangan Anak ( Pendidikan Aanak
Usia Dini )
I.Pengantar :
A.Latar belakang Alkitabiah tentang anak
o
Mas 127 :3 Sesungguhnya, anak-anak
lelaki adalah milik pusaka dari pada TUHAN,
o
Ulangan
6 : 7 haruslah
engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu
o
Mark
.10 : 14"Biarkan
anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka,
Ø B.Perinsip silabanci la sieteh
o
1.Lit
paksa-paksa
§ Masa bertumbuh /berkembang
:fisik;mental, kecerdasan
§ umur 1 – 5 thn ( 50 %
terbentuk ) ,Umur 6- 8 Thn
( 30 % tambahna ), Umur 9 – 17
Thn Remaja
§ masa dewasa , masa lansia
o
2.lit
paksa lanai kai pe banci iban ( ngadi bertumbuh/berkembang ) Tading perawaten
saja
II.Diskusi /Tekad / RTL :
Ø 1.Kuga pengangkanta ras
pendalankennta kerna pembinaan anakta ,bagepe anak-anak ibas gerejanta .
Ø 2.kai sierbahanca maka bage ( ibas no
1 )
Ø 3.kenca kita erbahan percakapen ibas
wari sendah
o
Uga
pengangkanta
o
Kai
banci silakoken secara pribadi bagepe secara ras- ras
Penghotbah
( Pengerana ) :7:29
Lihatlah, hanya ini yang kudapati:
bahwa Allah telah menjadi
kan manusia yang jujur, tetapi
mereka mencari banyak dalih.
•
•
Hal-hal
yang berurutan
•
Detail
ke global
•
Membaca
berdasar fonetik
•
Kata-kata,
simbol, huruf
•
Cenderung
audio
•
Tidak
melibatkan emosi
•
|
•
Acak/random/imajinatif
•
Global
ke detail
•
Membaca
menyeluruh/makna
•
Gambar
dan grafik
•
Cenderung
kinestetis/aktivitas
•
Melibatkan
emosi
•
|
Otak
kiri
otak kanan
Gambaran kecerdasan dengan otak (Oleh : Clark 1988,dan Gowan 1989 )
Otak kiri
|
Otak kanan
|
Berpikir logis
Berpikir analisis
Berpikir berdasarkan pengolahan data
Menggunakan data,peristiwa,dan informasi
Perhitungan kuantitaif
Mengembangkan rasionalitas
Melakukan penalaran dari informasi /data
Membuat alur proses dan system
Merumuskan masalah
Melakukan proses data untuk diolah
Menjadi suatu yang lebih bermakna
|
Berpikir kreatif
Berpikir pola acak,abstrak
Imajinasi,dan mereka-reka
Menulis fiksi,dan melukis
Menikmatu warna dan musik
Ketrampilan interpersonal
Kinestik dan estetika
Menikmati seni,berpikir holistic,menyeluruh
Dan tiga dimensi
Perenungan diri,kemampuan melakukan
artikulasi
|
Pt.Drs.P karo karo
Ketua Tim
PAUD GBKP
Pt Drs P
Kaban
Tidak ada komentar:
Posting Komentar