Kamis, 17 September 2015

sosialisasi paud



 PENGURUS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI( PAUD )    -    GBKP

Sekretariat :JL .Kapt Pala Bangun No.66 Telp 20466 Kabanjahe 22115

1 :     Penaruh :
PAUD adalah pendidikan anak usia dini,pelayanan  kepada anak yang berumur antara 1 s/d 6 thn
                                PAUD  memiliki 3 (tiga ) jalur yakni :
                A,Jalur Formal :
                     paud yang diselenggarakan oleh lembaga pemerintah atau swasta dengan mengikuti aturan yang  telah
                     ditetapkan oleh Pemerintah ( Kementerian Pendidikan Nasional)  Baik jadwal,kurikulum,pakaian dls.
                B.Jalur Non Formal:
PAUD yang diselenggarakan oleh pendidikan luar sekolah dengan aturan pelaksanaan ditentutukan bersama oleh penyelenggara dengan stakeholder.
                C.jalur informal :diselenggarakan oleh anggota masyarakat baik secara pribadi maupun secara klompok.
Ø  Bagi GBKP penyelenggaran PAUD yang dilaksanakan secara formal dilayani oleh TK-GBKP,
                Sedangkan PAUD non formal diselenggarakan oleh KA-KR  sejak tahun 2007, tetapi setelah sidang sinode
               Tahun 2010 Moderamen memisahnya dengan membentuk TIM/Pengurus  PAUD Moderamen.
               Paud Non formal GBKP termasuk dalam kategori SPS (Satuan Paud Sejenis) yang berarti pelaksanannya
               terpadu dengan Kebaktian Anak dan kebaktian Remaja ( KA KR).Bahan pengajarannya/kurikulum
bahan yang sesuai dengan kebaktian minggu (Pedoman KA KR) khusus bahan Balita yang dimodifikasi untuk satu (1) sampai empat (4) kali pertemuan perminggu.
ll.Latar belakang
                Menurut hasil penelitian para ahli , bahwa pembentukan karakter seseorang   berada Pada masa usia Balita
              (umur  0-5 tahun , Golden Age),dimana perkembangan otak manusia terbentuk sebaanyak  50 %
                Hal ini dapat terjadi melalui rangsangan jaringan otak (sinap-sinap) baik otak kiri ( berpikir rasional)
                maupun otak kanan (emosional,acak dan seni ).Selama ini kurang diperhatikan oleh pendidikan
               formal maupun  non formal (termasuk gereja).
                Pada tahun 2007,Direktorat PAUD diknas Pusat di Jakarta mengikut sertakan KA KR GBKP sebagai
                Mitra penggerak PAUD yang teritegrasi dengan pelayanan anak (keagamaan) di Provinsi SUMUT.
                Setelah sidang Sinode GBKP ke-34 di RC Sukamakmur ,11 sd 18 April 2010 dibentuklah Tim PAUD GBKP
                beradasarkan Keputusan Moderamen GBKP No. 0974 /VIII-C / 2010,dan selanjutnya Tim inilah
                selanjutnya melayani PAUD SPS GBKP.
                         Diskusi tentang  Perkembangan  Anak  ( Pendidikan Aanak Usia Dini )
                                                I.Pengantar :
        A.Latar belakang  Alkitabiah tentang anak
o   Mas   127 :3 Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada TUHAN,
o   Ulangan 6 : 7 haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu
o   Mark .10 : 14"Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi   mereka,
Ø  B.Perinsip silabanci la sieteh
o   1.Lit paksa-paksa
§  Masa bertumbuh /berkembang :fisik;mental, kecerdasan 
§  umur 1 – 5 thn  ( 50 %  terbentuk )  ,Umur 6- 8   Thn       ( 30 %  tambahna ), Umur 9 – 17 Thn    Remaja
§  masa dewasa      , masa lansia
o   2.lit paksa lanai kai pe banci iban ( ngadi bertumbuh/berkembang ) Tading perawaten saja
                                                         II.Diskusi /Tekad / RTL  : 
Ø  1.Kuga pengangkanta ras pendalankennta kerna pembinaan anakta ,bagepe anak-anak ibas gerejanta .
Ø  2.kai sierbahanca maka bage ( ibas no 1 )
Ø  3.kenca kita erbahan percakapen ibas wari sendah
o   Uga pengangkanta
o   Kai banci silakoken secara pribadi bagepe secara ras- ras
                                        Penghotbah ( Pengerana ) :7:29
           Lihatlah, hanya ini yang kudapati: bahwa Allah telah menjadi
           kan manusia yang jujur, tetapi mereka mencari banyak dalih.
                                                                                                                                                      

        
                     Hal-hal yang berurutan
                     Detail ke global
                     Membaca berdasar fonetik
                     Kata-kata, simbol, huruf
                     Cenderung audio
                     Tidak melibatkan emosi
                      
                     Acak/random/imajinatif
                     Global ke detail
                     Membaca menyeluruh/makna
                     Gambar dan grafik
                     Cenderung kinestetis/aktivitas
                     Melibatkan emosi
                      
                                  Otak kiri                                                                                    otak kanan
Gambaran  kecerdasan dengan otak (Oleh : Clark 1988,dan Gowan 1989 )
Otak kiri
Otak kanan
Berpikir logis
Berpikir analisis
Berpikir berdasarkan pengolahan data
Menggunakan data,peristiwa,dan informasi
Perhitungan kuantitaif
Mengembangkan rasionalitas
Melakukan penalaran dari informasi /data
Membuat alur proses dan system
Merumuskan masalah
Melakukan proses data untuk diolah
Menjadi suatu yang lebih bermakna
Berpikir kreatif
Berpikir pola acak,abstrak
Imajinasi,dan mereka-reka
Menulis fiksi,dan melukis
Menikmatu warna dan musik
Ketrampilan interpersonal
Kinestik dan estetika
Menikmati seni,berpikir holistic,menyeluruh
Dan tiga dimensi
Perenungan diri,kemampuan melakukan
artikulasi

Pt.Drs.P karo karo

Ketua Tim PAUD GBKP

Pt Drs P Kaban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar