Minggu, 10 Maret 2019

Perkembangan ahak paud


KKG Guru   PAUD                                                            Sei  Padang,Medan 14 April 2012
Diskusi tentang Pengamatan Perkembangan  Anak
A.Pengantar          :
Kurikulum merupakan alat untuk membantu pendidik (guru) dalam melakukan tugasnya ,atau rencana yang disusun yang dikembangkan untuk memperlancar proses pembelajaran.
Kurikulum disusun agar memungkinkan pengembangan keragaman 
multi potensi,
minat,
kecerdasan bahasa,
social,
Kognitif
,emosional
,spiritual,
kinestik/
motorik,
serta seni pada anak secara optimal sesuai dengan perkembangan dan keunikan setiap anak.
Oleh karena itu pada masa usia dini perlu dilakukan upaya pendidikan  yang meliputi program stimulus,bimbingan
Pengsuhan,dan kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak,melalui proses  PAKEM
Pembelajaran Aktif,Kreatif-inovatif ,Efektif , Menyenangkan
Hakekat Pembelajaran bagi anak usia dini adalah bermain, karena bermain itu adalah belajar  
Bermain adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara berulangulang dan menimbulkan kesenangan bagi anak.
Bermain merupakan pilihan yang bebas ,ketika bermain anak focus pada proses ,manfaat bermain antara lain
-memberikan kesempatan mrncoba hal baru  melalui eksplorasi dan penemuan
-mengembangkan rasa egosentris ke rasa social
-memberikan kesempatan untuk memecahkan masalah
Pendekatan dan azas
ü  Pendekatan pembelajaren :
1.pengembangan moral dan nilai-nilai agama dilaksanakan dalam pembiasan merupa
kan  kegiatan yang dilakukan terus menerus dalam kehidupan sehari-hari anak.
 2.belajar sambil bermain  3.pembelajaran berorientasi pada tumbuh kembang anak  4.berorientasi pada kebutuhan anak  5.kegiatan berdasarkan tematik   6.proses PAKEM
ü  Azas pembelajaran :  1.Apersepsi     2. Kekongkritan   3.motivasi   4.kemandirian   5.erja sama
                                      6.perbedaan   7.keterpaduan (antar kerina aspek ) 8.belajar sepanjang hidup
B.Ingat   
ü  1.Pengalaman yang dialami anak pada masa awal pertumbuhan  dan perkembangannya  akan berdampak  pada kehidupannya  dimasa yang akan datang.0-4 thn  50% ; 5- 8 thn 80 % ; 8- sd  12 =  100 %
ü  2.adanya perubahan jaman/perkembangan pengetahuan,teknologi dan seni
C.diskusii                :
*       1.apa yang biasa kita amati setiap harinya pada keiatan pembelajaran
*       2.apakah kegiatan kita buat dengan memperhatikan kondisi perkembangan anak serta multi potensi anak
Ø Apa  yang perlu dibuat di PAUD runggun kita, yang dapat kita laporkan ke masyarakat/ stakeholder.
Umur:  2 – 3 TAHUN  STANDAR KOMPETENSI INDIKATOR KOMPETENSI DASAR ASPEK PERKEM BANGAN • Melompat ke berbagai arah. • Mulai belajar menendang bola Menunjukkan kesesuaian • Kebiasaan tidur antara kesehatan dan mulai berkurang perkembangan secara bertahap • Menunjukkan pertumbuhan gigi yang normal • Mulai mengkonsumsi berbagai jenis makanan • Memegang makanan dengan menggunakan jari-jari tangan • Mulai belajar mengikuti kebiasaan sehat (gosok gigi, cuci tangan) SENI Mampu meniru Dapat menirukan suara • Mulai belajar suara dan gerak menirukan suara secara sederhana • Bermain dengan bimbingan Dapat menirukan gerak • Menggerakkan kepala, tangan atau kaki ketika mendengar suara musik/ritmik • Bergerak bebas sesuai dengan irama musik ANAK USIA Anak mampu Dapat meniru perilaku • Menyebut nama meniru secara keagamaan secara Tuhan MORAL DAN sederhana sederhana • Mengikuti bacaan NILAI-NILAI perilaku doa/berdoa sebelum AGAMA keagamaan yang dan sesudah dilihat dan melakukan kegiatan didengar , • Menyanyikan lagu mengekpresikan keagamaan
Ø Umur . 3-4 TAHUN ,STANDAR KOMPETENSI INDIKATOR KOMPETENSI DASAR                    ASPEK PERKEM BANGAN manik-manik yang besar • Membedakan permukaan benda melalui perabaan Menunjukkan kesesuaian antara kesehatan dan • Mencapai tingggi dan perkembangan berat badan yang ideal • Menggosok gigi sendiri (Dengan pengawasan) • Mandi sendiri secara rutin (Dengan pengawasan) • Makan sendiri dengan dibantu SENI Mampu Dapat bergerak bebas • Bertepuk tangan melakukan mengikuti irama musik mengikuti irama berbagai gerakan musik anggota • Menari mengikuti tubuhnya sesuai irama musik dengan irama • Memukul-mukul dan dapat benda menurut irama mengekspresikan musik diri dalam bentuk goresan Dapat mengekspresikan • Membuat coretan tak sederhana diri dalam bentuk coretan berbentuk sederhana • Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui menggambar bebas ANAK USIA Anak mampu Dapat mengucapkan • Mengikuti bacaan mengucapkan bacaan doa dan lagu doa/berdoa sebelum bacaan doa/lagu- keagamaan secara dan sesudah MORAL DAN lagu keagamaan sederhana melakukan kegiatan NILAI-NILAI dan meniru • Menirukan lagu-lagu AGAMA gerakan keagamaan beribadah secara sederhana, serta Dapat meniru gerakan • Menirukan sikap mulai ibadah secara sederhana berdoa berperilaku baik • Meniru gerakan atau sopan ibadah yang sederhana      :
Ø Umur  4 – 5 TAHUN, STANDAR KOMPETENSI INDIKATOR KOMPETENSI DASAR                          ASPEK PERKEM BANGAN dan membuatnya menjadi sebuah objek USIA Anak mampu Dapat mengucapkan • Berdoa sebelum dan mengucapkan bacaan doa sesudah bacaan doa/lagu- melaksanakan MORAL DAN lagu keagamaan kegiatan NILAI-NILAI dan melakukan AGAMA gerakan Dapat menyanyikan lagu- • Menyanyikan lagu- beribadah secara lagu keagamaan lagu keagamaan yang sederhana, serta sederhana berperilaku baik atau sopan Dapat melaksanakan • Melaksanakan gerakan ibadah secara gerakan ibadah secara sederhana sederhana namun masih perlu bimbingan Dapat mengenal dan • Menyebutkan menyayangi ciptaan ciptaan-ciptaan Tuhan Tuhan, misal: Manusia, bumi, langit, tanaman, dan hewan. • Menyiram tanaman, memberi makan binatang • Mau menolong teman • Menghargai teman • Mau membagi miliknya, misal: makanan, mainan, dll. • Meminjamkan miliknya dengan senang hati Memiliki rasa sopan • Bersikap ramah santun dan saling • Meminta tolong menghormati sesama dengan baik • Mengucapkan salam • Berterima kasih jika memperoleh sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar